Programmer Vs Desainer

Sabtu sore ini saya masih berada di kantor.. daripada saya harus menghabiskan waktu saya di kost nonton pilem HEROES ampe tolol, mendingan saya di kantor ajah.. Yuukk berangkat.. Sesampainya disana ternyata masih ada beberapa temen temen yang gak tau ngapain masih di kantor.. (Hari sabtu ngantornya ampe jam 12 aja). Nah.. post yang ini dilatar belakangi obrolan saya dengan Andi Priambodo yang sedang sibuk mengerjakan desain website buat sekolahan bisbol yang katanya ada di new york sana. Kemudian saya berpikir.. “wah.. alangkah bagusnya kalo saya juga bisa desain seperti itu”…

Kalo menurut saya orang – orang yang berprofesi desainer itu lebih keren daripada programmer. Mereka bisa bikin.. eng.. atau karyanya itu bagus2x.. indah2x.. betul tidak? Bisa buat animasi, desain website, wallpaper keren atau hanya icon-icon lucu.. wow..keren bukan? :d Coba kalo programmer?! apa karyanya? list kode-kode gak jelas?! toew oew oew….
Kemudian kalo diliat dari sisi acknowledgement-nya.. Jelas desainer lebih keliatan dong.. Contohnya aja di blog saya ini.. “Desain oleh Ronggur“. Trus di website terkenal misalnya.. di footer-nya biasanya ditulis.. “Designed by : desainer_terkenal”, mana ada di website terkenal ditulis “Coded by : ariawan the programmer” atau “Compiled by : ariawan the programmer“.. wek.. busuk… gak ada tuh… kalo ada website kayak gitu, tolong laporkan ke saya sesegera mungkin.. saya kasih DUIT.

Masih dari sisi acknowledgement-nya.. Karya seorang desainer itu bisa dimengerti dan dinikmati oleh semua kalangan.. Tua,muda,cowok,cewek,dokter,tukang parkir bahkan oleh pencopet sekalipun.. Coba deh kasih liat websitenya deviantart.com ke pencopet.. pasti dia bilang.. “wah. gambarnya bagus-bagus yah..” (terutama pencopet anak-anak). Coba sodorin kode-kode hasil jerih payah programmer ke pencopet itu?! pasti dia bakal bilang gini.. “Apaan nih?!? coret-coretan buat nomor togel yah?!”… ampuunn hiks… :(( Bahkan sesama programmer pun belom tentu ngerti kode dari programmer laen.. bukan begitu? Ohh.. programmer.. nasibmu.. hiks… 🙁

Bersyukurlah para desainer.. maka dari itu saya bisa bilang kalo postingnya mas timi itu berlebihan.. Buat Andi dan Mas timi.. “Desainer itu profesi keren mas… 😀 buktinya desainer di kantor kita cuma ada 4 orang?” Coba berapa programmernya? ratusaan!!

Hidup desainer!! 🙂

* andaikan aku bisa…. *
———————————————————-
Tetangga : “Nak.. Ayahmu kerjanya apa sih?!”
Anaknya programmer : “Duh.. Saya juga gak ngerti bu.. Kayaknya tukang ketik deh..”
Programmer : “Arrgghh!!! X-( “

——————————————

Sekian dan Terima kasih….

ariawan

Web Developer, Blogger, Internet Savvy, Tech Enthusiast

You may also like...

  • yeah! hidup opice boy!

    –budiw

  • Duuuh ngomong apa toh ndok..?

    Coba ke http://didats.net disitu di bawahnya ada tulisan ini
    “All designs and codes are developed by Didats Triadi”.. tuuuh buktinya ada kan orang
    yang nulis ‘codes are..bla bla by : me’ heu heu.. naah sekarang tugas lo transfer duit yang lo janjiin kya kya..aseeek.. bentar lagi tambah nih tabungan gue..hayooo sapa yang mau gue traktirrr…???

    hi hi..

  • gw mau ditraktir gur..

    arie, cpet transper duitnya ke gour..

    gw dah ga sabar pengen di traktir nih… 😀

  • transper duit?! duit? :-\”
    cari aja di wikipedia gur…

    * kabuurrrr *

  • dasar PENIPU KAU!!!

    heu heu

  • ya ampyun gour tambah kaya ajah..mana gaji naik eh dpt dr arie…mau dong gur? cwie mie malang yah

  • gour naek gaji? mau atuh cwie mie juga…
    * ikut – ikut iqbal :p *

  • Mugiwara

    Tapi kalo dipikirin dari segi pekerjaan juga keliatannya lebih sulit designer.. coba lu copy dikit fitur or disain dari web site lain pasti “wah ini ikut2 gw nieh.. “.. “wah ini ide gw nieh..” “bla bla bla…” tapi kalo kode lu copy 1 class jg ga ada yang nyaho :))

    * Hidup SATPAM * kerjaan cuma molor gaji 2 juta.. TOLOL

  • Wah jadi satpam dimana te??
    mau donk.. 😀

    asik gour naek gaji…
    makan2 gur.. 😛

  • semua tergantung kita ngatur nasib nak…bapa ni sudah malang melintang, syukuri lah apa yang kau punya…

  • Programmer: nak aku bukan tukang ketik.. tapi tukang salah ketik 😛

  • @balibul
    baiklah pak… terima kasih… hiks.. 🙁

    @maya
    Anaknya programmer : Bapak bodoh.. tapi aku terima dengan ikhlas…

  • den

    aha ha ha.. ngawur ae omonganya.
    wah gw ga tau kalo PT jadi saptam 😀 kok bisa? tapi kalo kerjanya cm gitu yah.. masih ada lowongan ga te? 😀 gw ma nandar mau ikut!

  • namanya juga desain, kan motonya juga “gold, gospel, glory”, jadi “berduit, berdendang dan berjaya” hehe.

    tapi sejujurnya gw rada setuju loh sama postingan temenmu itu, kecuali bagian gajinya yah.. tugas-tugasnya maaaaaaaasssssssss…. >_

  • Ah ari… jangan gitu ah…

    So if we want to survive jangan jadi programmer terus. Awal2nya kita jadi programmer tapi jangan mentok disitu, belajar sesuatu yang baru, ilmu IT kan masih luas + belajar cara management, dan sisi bisnisnya sehingga suatu saat nanti kita bisa jadi bos, CTO (Chief Technology officer), COO, ato apa kek yang pangkat tinggi. + DOA insyaAllah tercapai.

    Kalau jadi programmer mlulu ya.. kita di belakang layar mlulu. kecuali kalau senior executive programmer yak.. hehehe.

    Hidup programmer….

  • apa apaan ini. heh. klo desain gak ada programernya trus gimana ? masak website isinya jpg tok. hahaha. mentok2 html statis. Jangan gitu ri, ibarat motor kalian bikin mesinnya, kami bikin bodynya. Kalian bikin otak yang pintar, kami bikin paras yang cantik = jadi deh cewek pinter dan cantik. hahahaha.

  • hihihihihi… iya deh mas tim…. 🙂

  • eddy kurdi

    Wahh wahh ada theards yang menarik juga di website ini, hehe…

    Terus terang g kurang setuju dari si penulis dalam topik ini mengapa??

    1. Setiap orang mempunyai pandangan dan selera yang berbeda contoh
    —>Seorang seniman terkenal membuat lukisan abstract mungkin hanya segelintir orang design/seni yg memahami arti dari indahnya karya tersebut, coba hasil design tsbt di tanya kpd tkng parkir ituatau pencopet tentunya mereka akan menjawab “lukisan apa ini?jelek betul warnannya?gambar apa yach?

    —>Begitu juga sebaliknya seorang programmer pakar yg levelnya ude ampe reverse engineering ato hacker bisa buat perangkat lunak ato aplikasi database and multi platform yang isi codingnya ratusan ribu…Akan ada sebuah opini dari orang software/programmer/orang IT mempunyai anggapan “Gile hebat banget bisa buat begini! Logika jago, IQ nya udah super gede, dll. Softwarenya bisa mengatasi memudahkan pekerjaan” dan saya rasa SEMUA ORANG yang tertarik tersebut ingin memiliki source code tsb. Tetapi jika baris coding tsb di lihat oleh orang yg bkn dibidangnya atau katakanlah anak kecil pasti hal tsbt tidak menarik baginya.

    2.Setiap jobdesc atau pekerjaan mempunyai nilai tambah/lebih dan mempunyai kekurangan & kelebihan. Contoh: Seorang dokter dapat melakukan operasi tumor otak tetapi dia tidak bisa menerbangkan pesawat boing milik garuda begitu juga sebaliknya dari pilot tsb tidak akan mungkin bisa melakukan operasi tumor otak.

    3.Setiap orang mempunyai talenta yang berbeda, saya punya seorang teman dia ingin sekali menjadi programmer dan ingin sekali membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu perkejaan dia maupun orang lain, Tetapi dia tidak bisa menjadi programmer karena basicnya kurang Dan LOGIKA / IQ tidak terlalu bagus TETAPI konsep design dan imajinasi dan beliau jago menggambar sehingga dia menjadi designer.

    CONCLUSION
    ==========
    Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan, hampir semua orang di dunia ini ingin mendapatkan pekerjaan/skill sesuai dengan keinginannya/cita-citanya TETAPI hampir semua orang tidak bisa menjalaninya sesuai cita-citanya karena banyak faktor salah satunya “TALENTA”. Setiap orang mempunya pandangan dan selera yang berbeda-beda “Mungkin dia tidak cocok atau kurang cantik untuk jadi pacar/istri saya, itulah kata sebagian orang tetapi sebagian orang lainnya mengatakan kamu sangat cocok dengan dia”. So buat teman-teman enjoy aja dengan profesimu atau bidangmu, Jika ada yang bilang profesimu kurang menarik “abaikan saja” JIKA kamu sudah nyaman dengan profesi yang kamu jalanin dan menghasilkan uang.

  • Dido

    Mas klu ngomong mikir dong, aplikasi yang ada di windows ini karya siapa …?. PROGRAMMER

    Bange-Bange