Menu Home

Netbeans mobility 5.5

Basbang? Ah.. Cuek deh.. :p
Kali ini saya berbagi pengalaman saja.. Kebetulan saya sedang mengerjakan pekerjaan lepas untuk pembuatan aplikasi hp (j2me). Karena alasan kurangnya space disk pada leptop saya, maka terpaksa menggunakan editor yang enteng saja hihihihi…
Oke..project sudah setengah jalan,bagi programmer bodoh seperti saya ini untuk mendesain interfacenya itu cukup sulit. Membayangkannya saja udah susah,apalagi kodingnya dong. hehehe.. tapi jangan takut dulu, setelah banyak liat contoh nantinya akan terbiasa juga kok.

Hmmpphh… akhirnya saya coba menggunakan netbeans (kebetulan versi 5.5) kemudian menambahkan netbeans mobility 5.5 untuk menangani aplikasi mobile di netbeans. Wah..ternyata ini baru editor mak nyus!!
Untuk bikin aplikasi kayak gambar dibawah ini yang biasanya saya selesaikan dalam 10-15 menit sekarang kurang dari 5 menit dan tidak perlu coding sedikitpun. hohoho.

emulator

Ada tiga tab untuk tiap design midlet yaitu Source, Screen Design dan Flow Design. Di bagian screen design hanya tinggal drag & drop (form,command, dll) saja kemudian isi propertynya, selesai deh. untuk menghubungkan tiap object screen (form, alert, textbox, dkk) tinggal pergi ke tab flow design kemudian tarik garis antar object tsb.. voila!.. action pun sudah otomatis jadi… KEREEEEENNNN!!!!! Untuk dokumentasi aplikasi? tinggal kasih screen design dan flow design bukan? saya kira itu cukup mewakili gambaran dan cara kerja aplikasi.

Ini nih screen design dan flow design dari gambar aplikasi di atas..

flow design

screen design

Kemudian pindah pada tab sourcenya.. hmmmh…memang rasanya jadi kurang fleksibel sih, atau karena selama ini saya terbiasa koding acak acakan saja (tapi fleksibel :p). Harusnya saya gunakan netbeans sejak awal pengerjaan.. Lebih cepat.. Lebih rapih.. dan┬áSUN standard code. Sayangnya tidak bisa saya aplikasikan pada project ini karena sudah 70% lebih.. hiks..

Jadi para eclipse mania silahkan manyun.. :p Maya..Pindo.. Refit..
Sorry yah..untuk yang satu ini saya tidak ikut kalian.. ini baru editor super. mak nyuss!!

Update : netbeans mobility-nya disesuaikan dengan versi netbeansnya. Versi terbaru 5.5.1. Versi 5.5 dapat diambil di sini.

Categories: Komputer Opini Pribadi Programming

ariawan

Software Engineer, Blogger, Internet Savvy, Tech Enthusiast