Menu Home

Data at the root level is invalid (xml)

Jika kebetulan anda sedang bekerja dengan xml, kemudian anda mendapati pesan error seperti ini nih.. Data at the root level is invalid. Line 1, position 1.

Mungkin saja posting ini jawabannya. Saya membuat / menulis / membangun xml serialized object yang disimpan kedalam MemoryStream dengan menggunakan XmlTextWriter. Kemudian pada saat ingin me-load object tersebut kedalam XmlDocument maka muncullah pesan error seperti diatas.

doc.LoadXml(data); //Load xml serialized object (data)

Perbaiki baris tersebut menjadi..

doc.LoadXml(UnicodeEncoding.UTF8.GetString(data));

maka xml dapat diload tanpa masalah kedalam XmlDocument. Jika masih ada error yang sama periksa juga Constructor XmlTextWriter pada saat di awal menulis xml.

XmlTextWriter XmlTxtWriter = new XmlTextWriter(MemStream, new UTF8Encoding());

Nah.. begitulah.. mudah mudahan error tersebut terselesaikan. Saya juga kurang tau pasti penyebab pasti error tersebut, belum sempat mencari tahu lebih jauh karena sudah kejar tayang alias deadline beibeh… * haalaahh… alasan! *. Menurut analisa saya dengan bekal skimming dari beberapa halaman web dan forum, error tersebut muncul karena xml tersebut tidak standar. Itu lho.. tag yang paling atas itu.. <?xml bla bla… itu… CMIIW.

Okeh.. segitu dulu.. ini mau lanjut lagi.. “siap maupun tidak siap, hadapilah deadline-mu”.. hehehehe.. tapi blog jalan terus.. :p

Categories: c# Internet Komputer Pribadi Programming

ariawan

Software Engineer, Blogger, Internet Savvy, Tech Enthusiast