Penipuan (lagi) Megapromo Telkomsel

Langsung tudepoin kronologisnya…

Beberapa hari yang lalu, lagi – lagi ayah saya terima telpon dari nomor 081288458954 mengaku dari Grapari bernama Heriawan. Pak Heriawan tersebut memberitahukan bahwa nomor HALO ayah saya mendapat undian dari MEGA PROMO atas kesetian menggunakan kartu HALO.

Kemudian ayah saya diminta menghubungi ke nomor 021-33410245 Telkomsel Pusat dengan Bapak Joko Susilo, redaksi MEGA PROMO tersebut.

Kemudian Pak Joko Susilo itu menjelaskan bahwa hadiahnya adalah 10 juta rupiah yang akan segera ditransfer,
dan kemudian menanyakan nomor rekening bank yang ayah saya punya, dan Joko Susilo ini meminta menghubungi bendahara TELKOMSEL di nomor 021-30904595 dengan Bapak Suganda atau Ibu Afriani jika sudah berada di ATM untuk perihal pentransferan.

Kebetulan ayah saya juga ingin melakukan tarik tunai di ATM untuk keperluannya, pergilah beliau ke ATM dan terus meladeni tukang tipu dan teman-temannya ini. Setelah berada di ATM, ayah saya di bimbing untuk memasukkan kertu ATM dan kemudian memilih pilihan bahasa : bahasa inggris (hohohoho… dasar penipu). Kemudian beliau di tuntun ke menu balance inquiry atau semacamnya (lupa) dan juga dituntun untuk meregistrasi internet banking (ohya, kebetulan akun bank ayah saya ini, bank mandiri).

Tukang tipu dan teman teman ini berulang kali menanyakan apakah saldo 10 juta sudah masuk atau belum. Karena berulang kali saldo belum juga bertambah, maka penelpon minta dihubungi lagi 5 menit kemudian.

Setelah 5 menit kembali dihubungi, penelpon menanyakan saldo terakhir. Kemudian menjelaskan bahwa transfer akan
dilakukan 2 kali, sebesar 5 juta tiap kalinya. Kemudian penelpon menanyakan kembali apakah saldo sudah bertambah,
dan tentu saja belom. Kemudian penelpon meminta transfer ke rekening tertentu sebesar satu juta rupiah sebagai syarat keberhasilan transfer, sehingga jumlah yang akan ditransfer kembali adalah 11 juta.

Kemudian ayah saya bilang tidak perlu melakukan transfer terlebih dahulu untuk menerima transferan dari luar, kemudian telpon pun dimatikan. Ayah saya kemudian pulang dan menuliskan kronologis ini di beberapa lembar kertas note kecil dan diberikan ke saya untuk dijadikan blog post ini… hehehehe..

Selesailah ceritanya.. Hati – hati terhadap macem2 modus penipuan jaman sekarang.. tawaran boleh jadi sangat menggiurkan.. Saran saya.. Jangan pernah percaya.. 😉

*buru buru posting.. takut ketinggalan krl*

ariawan

Web Developer, Blogger, Internet Savvy, Tech Enthusiast

You may also like...

  • saya juga pernah mas kena kasus seperti ini. sama2 Mega Promo Telkomsel… ckckck mending klo ada kasus seperti ini hubungi grapari (klo telkomsel) terdekat aja..

  • Saya tau siapa itu Heriawan. Saya curiga Heriawan itu singkatan dari Hadi Eriawan. Saya tau dia lagi butuh banyak biaya buat nikah (ninja)

    *Berlalu*

  • Ams

    Sama…,baruzan tdi pagi sy dapet telpon yg sama. Katanya dapet hadiah uang tunai 10 jt dari mega promo telkomsel poin pa joko susilo,dia minta no rekening yg sy punya. Kbtulan nanti bsk mo byr tagihan,sekalian ja bsk nanyain ke grapari trdkt. Sy ngaku aja dari kepolisian, tpi kynya si joko ini msh tegar,suaranya masih tenang. Tunggu aja bsk, gmana respon telkomsel atas percobaan penipuan ini?.

  • wida

    makasih byk pa, dah posting ini, saya juga td sekitar jam 11.18 dpt tlp dr no 081388224089 disuruh tlp ke telkomsel pusat dg bpk joko susilo di no 021 33410245 untuk konfirmasi menang undian HALO POIN, lha wong ga pernah lagi ikutan tuker poin kok bisa menang, mencurigakan, langsung ta lacak tuh no ma namanya di google, eh keluar link bpk, kok tyt sama disuruh tlp begitu, saya siy langsung konfirmasi ke call center 111 buat yakinin. tyt mba nya bilang, kalo menang ga kan ditlp tp dikasih surat resmi pemberitahuan dr TELKOMSEL spt surat tagihan gitu utk pasca byr. langsung ta kabarin di FB deh. ma laporin jg no nya ke mba nya yg di call center, biar ada bukti kalo dilain wkt dibilang pencemaran nama baik, macam kasus prita. hehe…

  • yohanes

    (lmao) sama…. saya juga baru mendapat modus penipuan ini. Hari ini tgl 13 Maret 2010 saya ditelpon yang mengaku dari Grapari Telkomsel Pontianak bernama Surya Gunawan 081389283376 sekitar pukul 12:10 menit mendapat promo kartu halo point, untuk mendapatkan dan caranya agar menghubungi Pusat Telkomsel di Jakarta 02150470773 dengan ibu Murdianty atau Sulistio. Setelah saya telp benar yang mengangkat adalah Sulistio dengan ramah menyapa bahwa dari Telkomsel dan banyak memberikan penjelasan yang menyakinkan, pada akhirnya menyampaikan bahwa saya mendapat undian dari Promo Kartu Halo point karena saya pelanggan setia. Hadiah 10 juta rupiah dan ditransper ke rekening saya. Hanya menyampaikan no. Rekening tidak ada syarat lain.Untuk memastikan informasi tersebut saya menghubungi Grai Halo terdekat dan mereka mengatakan tidak ada program seperi itu. Penasaran saya telp ulang dan lagi-lagi jawabannya mengiurkan. Saya coba sampaikan rekening saya eh malah ditanya apakah sudah punya kartu ATM?? Barulah saya sadar itu tipuan belaka… nggak jadi dech…….. Terima kasih atas informasi dari teman-teman.

  • Ken

    Benar, ini penipuan.. kemarin tanggal 25 Maret 2010, saya mendapat telp dari no. 0813 8485 9435 yang mengaku dari Edi Hasibuan dari Grapari Medan (alamatnya benar bok), disuruh telepon ke Redaksi Halo Point Telkomsel di no. 021-50470771 (masa perusahaan besar sekelas Telkomsel nggak ada ekstensionnya, langsung nyambung gt..ud jelas curiga) dengan Bapak Budi Hartono, kronologisnya sama dengan tanggapan rekan – rekan sebelumnya, ke ATM trus hub no. 021-30904595 dengan Ibu Afriani atau Bapak Suganda (katanya si Bagian Keuangan)..per pagi ini tertanggal 26 Maret 2010 saya ditelp 2 x oleh no. 021 – 50470773 (rasanya line telp si penipu hunting lebih dari 1 line)… Terima kasih untuk pemberitahuan ini. Semoga dengan adanya info ini penipuan ini bisa kita minimalisir.

  • Guntur

    Hati-hati penipuan yang sama tgl 13 Aug 2010(mengaku dari Grapari):
    No. hp :081287214867 (no name)
    No. tlp :021-50412289 a/n Bambang Sudarsono
    No. tlp : 021-40335383 a/n Suganda
    No. hp : 081284706437 a/n Edy Gunawan
    Modus : Minta no rekening & transaksi di ATM.
    Semoga bermanfaat.

  • hana

    Sama, saya dihubungi dari nomor 081288330022 hari ini tanggal 21-10-2010 yang mengaku dari graphari tanjung pinang.
    Menyampaikan bahwa berkat kesetiaan saya menggunakan kartu halo saya mendapatkan point dan diminta menghubungi graphari jakarta 021-50412289. awalnya saya mencoba menghubungi customer servise dari kartu halo tetapi sayangnya saya tidak dapat menemukan layanan yang dapat berbicara langsung dengan customer servicenya (dulu” sih ada)
    jadi saya cari aja no. graphari jakarta yang diberikan oleh si penipu..Thank U mas guntur ternyata no. yang anda list kan termasuk salah satu no. yang ada pada saya.

  • Agolie77

    hehehe sama tuh kasusnya nih no penelponya penipu tuh 085382093111