Last.fm Scrobbler di Android Phone

Last.fm Scrobbler for Android

Last.fm Scrobbler for Android

Buat yang seneng denger musik pasti sudah gak asing lagi dengan last.fm ini. Situs social networking khusus musik ini selain gudang dan koleksi informasi tentang musik, band, album dan lain-lain, last.fm ini juga memungkinkan kita untuk mengupload lagu-lagu yang kita dengerin di komputer kita.

Caranya? Tentunya register last.fm dulu, kemudian download last.fm scrobbler ke komputer kita. Scrobbler last.fm ini otomatis akan mendeteksi music player yang ada dan terinstall di komputer kita dan merekomendasikan untuk download plugin untuk music player kita. iTunes, Windows Media Player, WinAmp ada semua. Setelah semua diinstall, tiap kita dengerin lagu, otomatis akan “disetor” ke last.fm dan akan muncul di bagian “Recent Listened Tracks” di profile kita.

Ha? blom ngeuh juga? coba liat profile last.fm saya di http://www.last.fm/user/hadiariawan pasti ngerti. Disitu infonya lengkap. Top Artists, Music Library, Top Tracks dan lain lain. kalo statistik saya begini 69090 plays since 8 Jan 2009.

Nah.. sekarang gmana kalo kita lagi di perjanalan, di mobil, di kereta yang notabene hampir enggak mungkin tenteng komputer atau leptop dengan koneksi internet kan? Biasanya kalo kondisinya begitu kita denger lagu dari portable music player, bisa iPod atau handphone. Kali ini yang dibahas hanya untuk pengguna android device saja.

Untuk android phone/device pertama kali adalah cari music playernya dulu. Music player yang saya gunakan adalah MixZing. Overall MixZing ini cukup bagus, ada auto finder Album Cover-nya asal ID3Tag nya komplit Mixzing ini otomatis mencari dan mendownload cover album track yang sedang disetel. Bisa masukin lirik tiap lagu juga kalo ga salah, oke.. cukup bahas Mixzing, bisa buat satu post sendiri ini nantinya. Begini kira-kira tampilan mixzing…

MixZing Music Player for Android

MixZing Music Player for Android Image From : http://www.mixzing.com/android.html

Kedua, gmana cara integrasi mixzing ini dengan last.fm scrobblernya. Di menu option mixzing ini ada last.fm intergrasinya, kalo ga salah kalo di klik otomatis pergi ke market dan rekomendasinya adalah Scrobble Droid. Dowload Scrobble droid dari market, setelah selesai download dan install scrobble droid lalu masukkan username dan password last.fm kamu. Kira – kira tampilan scrobble droid begini nih…

Scrobble Droid

Scrobble Droid Image from : http://code.google.com/p/scrobbledroid/

Oke.. beres.. sekarang waktu dengerin lagu dari mixzing di jalan, di mobil atau di kereta, otomatis lagu yang lagi didengerin “disetor” ke last.fm. Kalo lagi ga dapet sinyal atau lagi ga aktif koneksi internet dari android phone nya, lagu yang didengerin lagi disimpen dulu di lokal android phone, kemudian bisa “disetor” manual dengan cara buka aplikasi Scrobble Droid-nya dan klik tombol “Scrobble” di paling bawah.

Keren kan?! teknologi sekarang memang canggih… #ngok (banana_rock)

http://www.last.fm/user/hadiariawan

ariawan

Web Developer, Blogger, Internet Savvy, Tech Enthusiast

You may also like...