Menu Home

Sakit Cacar Pada Masa Kehamilan

Istri/Ibu/Teman anda sakit cacar pada masa kehamilan? Jangan panik… carilah informasi sebanyak-banyaknya. Sesegera mungkin konsultasi dengan dokter kandungan anda. Jangan remehkan cacar air pada saat hamil.

Posting ini saya buat untuk berbagi pengalaman yang terjadi pada saat istri saya hamil anak pertama. Istri saya tertular sakit cacar pada saat umur kandungan 20an minggu atau sekitar 5 bulan. Saya bingung dan panik, karena dari hasil browsing sana dan sini kalo sakit cacar air pada saat hamil dapat berpengaruh kepada janin, ada juga artikel yang menyebutkan resiko cacat pada bayi sampai dengan keguguran. amit amit… amit amit…

Saya segera bawa istri saya konsultasi dengan dokter kandungan, kemudian di cek USG apakah ada efeknya terhadap janin dan/atau plasentanya. Alhamdulillah gak kenapa2.. Kemudian istri saya diberi 3 jenis obat, yang pertama antivirus/antiviral namanya acycrovil (kalo ga salah). Kedua obat bentuk salep (acycrovil, juga kalo ga salah) dan bedak (lupa namanya), bedak supaya gak gatel. Kemudian istirahat FULL selama dua minggu, banyak minum air putih, jangan digaruk agar tidak meninggalkan bekas pada kulit.

Sakit cacar pun berangsur sembuh setelah 2 minggu, untuk memastikan bahwa ibu dan janin baik-baik saja, kami langsung pergi konsultasi ke dokter kandungan. Alhamdulillah dokter bilang ibu dan janin sehat dan normal. Masih kurang percaya kami pun melakukan cek USG 4 Dimensi pada saat kehamilan berumur 32 minggu (8 bulan), dan hasilnya alhamdulillah baik baik saja dan normal. Alhamdulillah anak laki-laki pertama kami lahir normal sehat tidak kurang satu apapun.. 🙂

Untuk yang sedang cacar air pada saat hamil, ikuti saran dari dokter kandungan, banyak berdoa supaya dilindungi baik ibu dan bayinya. Amien. Semoga lekas sembuh.

Artikel lain untuk dibaca :

Categories: Curhat Info Opini Pribadi

Tagged as:

ariawan

Software Engineer, Blogger, Internet Savvy, Tech Enthusiast