250 Postcard Tahun 1920an dari 46 Negara

Koleksi kartupos berasal dari Kartu2 yang dikirimkan untuk Mr.A.Van Pelt selama berada di Utrecht Belanda, Bandung, Cimahi dan Kalijati Subang, serta untuk Mr.H.J. Lensink dan Mrs. S.W. Lensink Jonxis yang tinggal cukup lama di Indonesia yaitu di Jl. Panaragan 34 Buitenzorg ( Bogor), Cimahi dan Pontianak.

Kartu2 yang dikirim dalam kurun waktu tahun 1920 s/d akhir tahun 20-an, dari berbagai belahan dunia,  2 diantaranya dari Indonesia. Sejak dahulu ada suatu wadah atau kelompok kelopmpok  untuk menyalurkan hobby tukar menukar kartupos / perangko. Mr. Van Pelt sendiri adalah anggota dari 4 kelompok pertukaran kartupos ini yaitu;  (B.U.C.A 597, L.C.C.785,  B.C.C.823, dan SUOMI 877 ).

Melihat kurun waktu pengirman yaitu sekitar tahun 20-an, banyak diantaranya memperlihatkan pemandangan tempat2/ suasana suatu kota, bangunan dan lain2 yang untuk sekarang ini sulit dilacak, dimana tepatnya tempat yang dimaksud pada gambar tersebut.

Dimana pada waktu tersebut sebagian besar negara negara di Asia dan Afrika masih menjadi jajahan beberapa Negara di Eropa, sehingga perangko yang dipakai berasal dari negara penjajahnya. Perlu ketekunan untuk mempelajari sejarah suatu tempat sebelum mengindentifikasinya.

Banyak tempat atau bangunan2 indah yang tertuang dalam kartu kartu pos ini, beberapa diantaranya diketahui masih ada sampai sekarang. Banyak juga diantaranya yang entah bagaimana nasibnya, karena tidak hanya perang atau perselisihan yang menghancurkannya tapi juga keserakahan. Kartu kartu ini tidak hanya memperlihatkan gambaran saat/masa2 itu, juga mengajarkan bagaimana menghargai suatu karya.

Lebih dari 250 kartu pos dari berbagai Negara yang ada pada kami antara lain dari Negara Negara:

Hongkong,  Thailand, India, Kucing, Afrika Selatan, Congo, Funchal-Madeira, Luanda-Angola, Tunisia, Libia-Bangazi, Jaffa-Palestine, Mesir, Maroco, British-Gouiana, Canada, Gainesville, Curacao-Karibia, Mexico, Brazil, Colombia, Argentina, Cuba, Prancis, Irlandia, Portugis, Luzern-Swiss, Austria, Yugoslavia, Barcelona-Spain, Malta, Swedia, Netherland, Belgia,Polandia, Denmark, Islandia, West Prusia,Hongaria, Cagliari, Finmlandia, Checoslowakia, Karnos-Lietuva, Rumania, dll.

Kartu Pos Singapore Tahun 1920an

Kartu Pos Singapore Tahun 1920an

Note :

Posting ini titipan ayahanda tercinta, kali aja ada yang berminat bisa menghubungi beliau di 0811-119742 atau email ariefmochtar@yahoo.com, atau bisa hubungi saya juga. Untuk contoh postcardnya bisa diliat di 4shared.com. Linknya ada dibawah ini.

http://www.4shared.com/document/x1GC6bow/Filateli.html

ariawan

Web Developer, Blogger, Internet Savvy, Tech Enthusiast

You may also like...

  • ayo gan buruan dilelang, nanti keburu kebanjiran ilang