Klasifikasi Nasi Goreng

Posting kali ini kembali tentang makanan, setelah posting sebelum ini kepotong gara2 ulang hacker yang bobol blog ini. ahelah. Kali ini kita bicara soal Nasi Goreng dan klasifikasinya menurut saya.

Orang Indonesia mana yang gak tau makanan yang satu ini? Bahkan Nasi Goreng jadi makanan terfavorit (reader’s choice) versi cnngo.com, setelah Rendang. Nasi goreng juga adalah salah satu makan favorit saya. Saking favoritnya saya pun berhak membuat klasifikasi Nasi goreng di Indonesia veri saya sendiri… hehehe.

Nasi goreng di Indonesia ini saya bedakan berdasarkan kisaran harga jualnya, BIASANYA rasa Nasi goreng agak mirip jika kisaran harganya tidak jauh. Tapi klasifikasi ini tidak berlaku di venue tertentu misalnya : Airport.

  • Nasi Goreng < Rp.10.000

Nasi goreng dibawah harga 10 ribu ini biasanya bisa dibeli di pinggir jalan dengan gerobak atau tenda kecil dan pedagang nasi goreng keliling. Harga Nasi goreng jenis ini biasanya paling murah harganya 7 ribu rupiah, ini survey harga 2012 oleh saya sendiri. Walaupun harga Nasi goreng ini tergolong murah tapi rasanya tetep juara. Silahkan coba sendiri kalo gak percaya. Nasi goreng ini biasanya dikombinasikan dengan menu pelengkap seperti baso, telur atau ati ampela.

  • Nasi Goreng < Rp. 30.000

Nah.. kalo nasi goreng yang masuk di kelas ini biasanya dari restoran atau rumah makan Chinese food. Rasanya enak dan porsinya lebih banyak daripada Nasi goreng kelas pertama. Kombinasi menu pelengkapnya pun lebih beragam seperti ikan asin, cumi, udang, kepiting dan teman-temannya. Tapi Nasi goreng kelas ini tidak melulu hanya bisa dibeli di Chinese food, restoran lain biasanya juga menjual macam-macam menu Nasi goreng.

  • Nasi Goreng > Rp. 30.000

Ini kelas terakhir dari Nasi goreng klasifikasi versi saya. Untuk porsi biasanya sama atau lebih banyak sedikit daripada kelas pertama dan kedua. Tapi untuk rasa menurut saya harga mahal bukan jaminan. Menu pelengkap untuk Nasi goreng kelas ini pun biasanya agak “aneh”, biasanya yang tidak umum seperti, Nasi goreng sum-sum, Nasi goreng otot dan Nasi goreng buntut sapi dan teman-temannya.

Dari tiga kelas Nasi goreng versi saya ini, saya lebih suka versi kedua dan pertama, selain dari harganya lebih murah, dari segi rasa pun lebih “masuk” di lidah saya yang kampungan ini. Ini sudah saya buktikan bertahun-tahun lamanya hunting gerobak dan restoran dengan menu Nasi goreng. Sekian klasifikasi Nasi goreng bersi saya, boleh setuju, yang tidak setuju coba dipikir-pikir lagi… :p

Selamat makan Nasi goreng semuanya…. Ciaoo…

ariawan

Web Developer, Blogger, Internet Savvy, Tech Enthusiast

You may also like...